Ingin menghafal quran dengan cepat? ikuti tips berikut ini!

Tips menghafal Al-qur`an dengan cepat / foto by pixabay

Menjadi seorang penghafal Al-Qur’an akan mendapat kehormatan berupa mahkota kemuliaan bagi dirinya di hari kiamat nanti. Namun, menjadi penghafal Al-Qur’an bukan perkara mudah. Terkadang untuk menghafal satu surat membutuhkan waktu yang cukup lama.

Banyak keutamaan yang akan diraih jika seseorang dapat menjadi penghafal Al-Qur’an.

Salah satu Keutamaan yang didapatkan jika menjadi penghafal Al-Qur’an antara lain kelak di surga akan diberikan derajat yang tinggi. Mereka juga dapat memberikan mahkota di Surga untuk orang tuanya.

Tips Menghafal Al-Qur’an

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghafalkan Al-Qur’an. Berikut ini cara menghafal Al-Qur’an  yang mudah dan cepat:

1. Meluruskan Niat

Pastikan niat kita menghafal Qur’an dngan tujuan yang mulia bukan untuk pamer atau menyombongkan diri.  Niatkan menghafal Al-Qur’an untuk beribadah dan ingin mendapatkan pahala terbaik di sisi Allah Swt. Dengan niat yang baik serta hati yang ikhlas karena Allah maka rasa malas tidak akan jadi penghalang seseorang  untuk menghafal Al-Qur’an.

2. Meneguhkan Keyakinan

Saat menghafal selalu tanamkanlah kepercayaan  pada diri bahwa menghafal Al-Qur’an itu mudah, maka akan terasa mudah saat di jalani. Namun, jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Al-Qur’an itu sulit, maka ia akan terasa sulit di jalani.

3. Melaksanakan Sholat Hajat

Cara menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah melaksanakan sholat hajat. Mohonlah kepada Allah untuk melancarkan dan memudahkan proses kita dalam menghafal Al-Qur’an, maka dengan begitu Allah tidak akan mempersulitnya.

4. Meminta Doa kepada Orang Tua dan Guru

Hal yang tidak kalah penting saat menghafal Al-Qur’an ialah meminta restu. Supaya kita diberikan jalan kemudahan oleh Allah, sebab doa orang tua kepada anaknya akan diijabah Allah Swt

5. Gunakan Satu Jenis Mushaf Al Qur’an

Saat menghafal Al-Qur’an usahakan hanya menggunakan satu jenis mushaf saja. karena di khawatirkan jika gonti-ganti mushaf akan membuat hafalan jadi berantakan.

6. Memperbaiki Bacaan

Sebelum memulai menghafal Al-Qur’an, sangat penting untuk memperbaiki bacaannya. Karena jika salah satu huruf saja akan mengubah maknanya.

7. Sering Melakukan Murojaah (Mengulangi Bacaan)

Sering-sering mengulang bacaan bisa membuat lebih cepat untuk hafalan. Jangan terburu-buru melanjutkan ayat berikutnya jika ayat sebelumnya belum begitu hafal.

8. Pasang Target Menghafal Al-Qur’an

Ketika menghafal Al-Qur’an jangan lupa memasang target hafalan kita. Dengan memiliki target yang jelas, akan mempermudah proses kita menghafal. Dengan target pula membuat kita semakin disiplin.

9. Istiqomah

Suatu kesuksesan tidak akan berhasil tanpa adanya konsistensi. Begitupun saat menghafalkan Al-Qur’an dibutuhkan konsistensi untuk mencapainya.

10. Berteman dengan Orang Sholeh

Teman sholeh akan selalu mengingatkan kita kepada kebaikan. Bergaullah dengan mereka yang selalu mendukung dan memberi motivasi untuk selalu disiplin hafalan.

11. Setoran Hafalan pada Guru yang Kompeten

Terkadang sangking semangatnya hafalan ada bacaan yang salah. Untuk mengantisipasi dan mengoreksi kesalahan hafalan kita, setorkan hafalan kita kepada guru yang kompeten di bidangnya.

12. Banyak Mendengarkan Murotal

Cara ini bisa dibilang cara paling mudah untuk menghafal Al-Qur’an. Biasanya, kita akan lebih mudah menghafal ketika disertai dengan irama dan di dengarkan berulang-ulang. Dan mendengarkan muratal bisa kita lakukan kapan saja.

13. Membuat Jadwal Hafalan

Tidak hanya membuat target, agar bisa cepat hafal siapkan pula jadwal hafalan rutin Al-Qur’an. Supaya kita bisa disiplin soal waktu dan tidak terbuang sia-sia. Dengan memiliki jadwal pula, jadi bisa teratur.

14. Sabar

Menghafal butuh waktu dan tidak sekejab langsung bisa. Maka tanamkan kesabaran untuk menghafal. Tanpa kesabaran mungkin semua akan sia-sia.

Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan harus ada proses. Tanpa proses kita tidak pernah tahu makna berjuang. Begitupun saat menghafal Al-Qur’an, butuh proses yang tidak sebentar untuk mewujudkannya. Jika di tengah-tengah proses berjuangmu banyak ujian yang menghadang, hadapilah! Jangan lari atau kalau tidak kita akan mengecewakan diri sendiri sebab selama ini usaha yang dikerjakan sia-sia. Selamat berjuang dan semangat menghafal Qur’an!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like